Kapolsek JAYALOKA Dekatkan Diri Dengan Masyarakat Melalui Seni Kuda Lumping Dalam Acara HUT Sukakarya Ke X

Musi Rawas – Kuda Lumping atau Kuda Kepang adalah salah satu kesenian tradisional Jawa yang menggambarkan sekelompok prajurit penunggang kuda. Kuda yang di gunakan dalam tarian ini bukanlah kuda sungguhan, namun kudayang terbuat dari bambu yang di anyam dan dibentuk dan dihias menyerupai kuda.

Wilayah hukum Polsek Jayaloka menurut sejarah leluhur disana merupakan daerah transmigrasi pada era orde baru, sehingga kebudayaan masyarakat juga berkembang mengikuti adat istiadat jawa termasuk seni kuda lumping atau Kuda Kepang.

bertempat di lapangan bola depan kantor Camat desa Ciptodadi Kecamatan Suka Karya Kab. Musi Rawas pada (07/03/2017) dimulai dari jam 10.00 Wib berlangsung acara penampilan Seni Budaya Jawa Kuda Kepang dan Penampilan Seni Tari Bali dalam rangka perayaan peringatan hari jadi ke-10 Kec. Suka Karya.

Kapolres Musi Rawas AKBP HARI BRATA, S.IK melalui Kapolsek Jayaloka AKP BUDI HARYANTO menjelaskan bahwa kegiatan tsb di hadiri oleh Camat & Sekcam Suka Karya, Kapolsek dan Kanit Shabara Polsek Jayaloka, Kades se Kec. Suka Karya, Tokoh Adat serta penonton Masyarakat Kec. Suka Karya lebih kurang 1000 orang penonton, dengan Penampilan Kesenian Kuda Kepang di ikuti 6 Kelompok Kuda Kepang Kuda Kepang Turonggo Jati dari Desa Bangun Rejo, Kuda Kepang Ngundi Rahayu dari Desa Yudha Karya, Kuda Kepang Turonggo Rujo dari Desa Ciptodadi II, Kuda Kepang Tri Mulyo Putro dari Desa Ciptodadi I, Kuda Kepang Tunas Dharma Sari Putro dari Desa Sukowarno, Kuda Kepang Trisno Budoyo Desa Sugih Waras.

Giat pentas penampilan Tari Bali dan Kuda Kepang dalam rangka perayaan hari jadi ke 10 Kec. Suka Karya berakhir pukul 17.30 Wib, saat giat berlangsung dilakukan pengamanan oleh anggota Pospol Suka Karya & Polsek Jayaloka yang di pimpin langsung oleh Kapolsek Jayaloka AKP Budi Haryanto dalam keadaan aman terkendali.

Kapolsek menjelaskan “kami lakukan pengamanan, penggalangangan dan membaur bersama 3 Pilar Kamtibmas untuk mendekatkan diri kepada masyarakat” ujar AKP BUDI.

Tidak ada komentar:

pesona sukakarya

[wisata dan budaya][stack]

Desa Ciptodadi II

[ciptodadi II][grids]

Kegiatan Pemerintah Kec Sukakarya

[profil][grids]

DESA SUGIH WARAS

[sugihwaras][grids]

Desa Bangun Rejo

[bangun rejo][stack]

SUKAKARYA CUP

[olahraga][grids]

Desa Ciptodadi

[ciptodadi][slideshow]

Desa Rantau Alih

[rantau alih][grids]

Kabar pasar

[kabar pasar][stack]

Berita Bola

[olahraga][btop]