Akhirnya Desa Yudhakarya Menjadi Contoh Desa Pertanian Musi Rawas


Musi Rawas, Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas memperingati HUT Perkebunan yang ke-59,Rabu (14/12). Dengan tema "Dem-plot pertanian terpadu berbasis karet”, acara dihadiri oleh Bupati Musi Rawas, Kapolres, Danramil, DPRD, Kakan Kemenag, Kepala Dinas Perkebunan, dan Kelompok Tani Kecamatan di Kabupaten Musi Rawas. Acara berlangsung di Desa Air Beliti Kecamatan Tuah Negri.



Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. Demplot bisa berupa Inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), Pemupukan dan lain-lain, disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.



Sebelum tiba di tempat acara, H. Hendra Gunawan beserta rombongan terlebih dahulu meninjau lokasi Dem-Plot Pertanian terpadu berbasis karet di desa Yudha Karya Bakti di Kecamatan Sukakarya. Dalam Kesempatan tersebut, H. Hendra Gunawan menyempatkan berbincang dengan para kelompok tani mengenai kondisi pertanian di Kabupaten Musi Rawas. “Saya bangga dengan perkembangan kelompok tani di Kabupaten Musi Rawas, yang awalnya hanya 10 Kepala Keluarga, sekarang anggotanya sudah 40 Kepala Keluarga yang mengikuti. Ini jelas dapat meningkatkan nilai ekonomis pendapatan Keluarga”, ujarnya.




Selain itu, dirinya juga berharap agar para petani di Kabupaten Musi Rawas tidak lagi hanya bergantung dengan karet “saat ini para kelompok tani di Kabupaten Musi Rawas sudah mulai memperbanyak variasi tanaman untuk meningkatkan ekonomi keluarga dari segala sektor. Sebagai contoh, saat ini kelompok tani di Kecamatan Yudhakarya mulai mengembangkan palawija dan padi sebagai produk unggulan pertanian, yang mana cabe dapat menghasilkan 4-5 ton sekali panen”, pungkasnya.




Usai meninjau dem-plot pertanian di desa Yudhakarya, H. Hendra Gunawan melanjutkan perjalanan ke lokasi acara di desa air Beliti Kecamatan Tuah Negri. Dalam sambutannya, H. Hendra Gunawan menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Rawas akan terus mengoptimalkan produk-produk unggulan lokal seperti Komunitas Karet, padi, palawija, dan cabe. Pemerintah akan terus mendukung para petani di Kabupaten Musi Rawas. Secara pribadi saya ingin melihat petani di Kabupaten Musi Rawas tersenyum dan bangga dengan hasil pertanian di Kabupaten Musi Rawas, dan Pemerintah akan terus mengusahakan hal tersebut”, tegasnya. (Humas).

Sumber : Humas Pemkab Musi Rawas

Tidak ada komentar:

pesona sukakarya

[wisata dan budaya][stack]

Desa Ciptodadi II

[ciptodadi II][grids]

Kegiatan Pemerintah Kec Sukakarya

[profil][grids]

DESA SUGIH WARAS

[sugihwaras][grids]

Desa Bangun Rejo

[bangun rejo][stack]

SUKAKARYA CUP

[olahraga][grids]

Desa Ciptodadi

[ciptodadi][slideshow]

Desa Rantau Alih

[rantau alih][grids]

Kabar pasar

[kabar pasar][stack]

Berita Bola

[olahraga][btop]