Siap-siap! Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi di Indonesia Minggu 21 Juni 2020

Siap-siap! Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi di Indonesia Minggu 21 Juni 2020
Siap-siap! Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi di Indonesia Minggu 21 Juni 2020

Jakarta - Gerhana matahari cincin akan terjadi di Indonesia pada hari Minggu (21/6) besok. Bersiaplah mengamati fenomena alam ini.
Dilansir Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs resminya, diakses detikcom pada Selasa (16/6/2020), Indonesia akan mengalami gerhana matahari bersama dengan negara-negara lainnya pada 21 Juni nanti.

Gerhana matahari cincin juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia, Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara. Adapun kawasan Samudera Pasifik dapat mengamati gerhana matahari sebagian.


Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi. Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

Saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. Namun demikian, tidak semua wilayah Indonesia bakal bisa mengamati fenomena gerhana matahari cincin pada 21 Juni nanti.

"Gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 yang dapat diamati di Indonesia berupa gerhana matahari sebagian, kecuali di sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian selatan," kata BMKG dalam keterangannya.

Sumber:detikcom

Tidak ada komentar:

pesona sukakarya

[wisata dan budaya][stack]

Desa Ciptodadi II

[ciptodadi II][grids]

Kegiatan Pemerintah Kec Sukakarya

[profil][grids]

DESA SUGIH WARAS

[sugihwaras][grids]

Desa Bangun Rejo

[bangun rejo][stack]

SUKAKARYA CUP

[olahraga][grids]

Desa Ciptodadi

[ciptodadi][slideshow]

Desa Rantau Alih

[rantau alih][grids]

Kabar pasar

[kabar pasar][stack]

Berita Bola

[olahraga][btop]