Pemerintah Musi Rawas Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan di Danau Gegas SUKAKARYA

Perairan umum mempunyai posisi yang strategis dengan fungsi multi guna, selain dimanfaatkan sektor perikanan, juga dimanfaatkan oleh sektor perindustrian, pariwisata, pemukiman dan sebagainya. Perairan umum terdiri dari danau, waduk, rawa, sungai serta genangan lainnya, merupakan salah satu sumberdaya yang potensial untuk lebih dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi manusia, khususnya kebutuhan protein hewani dari ikan.

Pemerintah Musi Rawas Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan di Danau Gegas
Pemerintah Musi Rawas Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan di Danau Gegas

Melihat potensi ini, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui DInas Perikanan melaksanakan kegiatan penebaran ratusan ribu benih ikan jelawat (restocking) di perairan umum danau gegas Kecamatan Sukakarya. Kamis (10 Agustus 2017). Kegiatan restocking dipimpin langsung oleh Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan.

Restocking benih ikan ini bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat dengan cara menambah stok ikan di peraiaran umum dan mengembalikan fungsi serta peran perairan umum sebagai ekosistem yang seimbang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Dirjen Perikanan Budidaya yang diwakilkan oleh Direktur  Kawasan dan Kesehatan Lingkungan Ikan, Arik Hawibowo, Bupati Musi Rawas, Ketua TP PKK, Kapolres Musi Rawas, Dandim 0406, Assisten 2, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas DKP, Kepala Bappeda, Camat Sukakarya, dan masyarakat Kabupaten Musi Rawas.

H. Hendra Gunawan dalam sambutannya berharap agar penebaran benih ikan ini tidak hanya terbatas pada penebaran saja. Harus ada langkah jelas dalam perawatan agar dapat menjadi modal alami pendapatan bagi masyarakat di desa Sugih Waras Kecamatan Sukakarya.

Selain itu, secara khusus Pemerintah Kabupaten Musi Rawas juga mendukung program Pemerintah Pusat untuk meningkatkan fungsi bendungan gegas secara optimal selain sebagai aktifitas budidaya ikan dengan Culture Base Fisheries sebagai upaya kawasan yang terintegrasi dengan objek wisata kuliner.

“Pemerintah Kabupaten Musi Rawas sangat mendukung pembangunan Broodstock Center di Kabupaten Musi Rawas dalam rangka mendukung ketersediaan induk induk unggul dan benih ikan air tawar yang bermutu”, ujar H. Hendra Gunawan dalam sambutannya.

Sumber : http://www.musirawaskab.go.id/berita/pemerintah-tebar-ratusan-ribu-benih-ikan-di-danau-gegas/

Tidak ada komentar:

pesona sukakarya

[wisata dan budaya][stack]

Desa Ciptodadi II

[ciptodadi II][grids]

Kegiatan Pemerintah Kec Sukakarya

[profil][grids]

DESA SUGIH WARAS

[sugihwaras][grids]

Desa Bangun Rejo

[bangun rejo][stack]

SUKAKARYA CUP

[olahraga][grids]

Desa Ciptodadi

[ciptodadi][slideshow]

Desa Rantau Alih

[rantau alih][grids]

Kabar pasar

[kabar pasar][stack]

Berita Bola

[olahraga][btop]